Situs Informasi Pemkab Mojokerto Tak Bisa Diakses

Mojokerto¬†– Penyediaan layanan informasi elektronik Pemkab Mojokerto dalam sebulan terakhir mengalami gangguan. Gangguan terlihat dari situs web resmi milik Pemkab Mojokerto yakni www.mojokertokab.go.id yang selama sebulan lebih tak bisa diakses sehingga kebutuhan informasi masyarakat pun ikut terganggu.web mojokertoKepala Bagian Pusat Data Elektronik (PDE) Kabupaten Mojokerto, Bambang Purwanto mengatakan, website milik Pemkab Mojokerto memang mengalami permasalahan. “Masalah ini diakibatkan gangguan internal dalam pengelolaan situs, permasalahan teknis ini sudah berlangsung lama dan sangat mengganggu. Sekitar sebulan yang lalu,” ungkapnya, Sabtu (18/01/2014).

Bambang menjelaskan, pihaknya masih berusaha untuk memperbaikinya. Pasalnya, permasalahan teknis yang terjadi, pada gangguan Domain Name Server (DNS) yang saat ini dikelola sendiri oleh Pemkab Mojokerto. Menurutnya, akibat pengelolaan DNS dan server menjadi satu juga berimbas terganggunya situs lain pemkab sebagai subdomain yang menginduk pada www.mojokertokab.go.id.

“Karena DNS drop, situs lain yang menjadi subdomain juga otomatis terganggu. Seperti situs PKK, rencananya kita memisah pengelolaanya. Gangguan DNS dan server yang terjadi juga disebabkan faktor lemahnya security sehingga dimungkinkan gangguan datang karena ulah pihak luar pada momen-momen tertentu, seperti serangan para cracker,” jelasnya.

Demi menunjang pengamanan, pihaknya juga menggandeng pihak ketiga untuk melakukan perawatan situs yang sudah dilounching sejak tahun 2009 silam lalu. Karena diakuinya, pengelolaan server, semua dilakukan sendiri sehingga securitynya masih lemah dan perlu diperbaiki. Pihaknya berharap, gangguan tersebut segera bisa ditanggani sehingg tidak mengganggu masyarakat yang akan mengakses websit Pemkab Mojokerto tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>