Sisa lebih pembayaran anggaran (Silpa) APBD Kota Mojokerto tembus Rp 49 miliar

Mojokerto  – Sisa lebih pembayaran anggaran (Silpa) APBD Kota Mojokerto tahun 2011 lalu tembus hingga angka Rp 49 miliar. Sehingga dipastikan defisit anggaran Pemkot Mojokerto tahun 2012 akan tertutup oleh silpa tersebut.

Walikota Mojokerto, Abdul Gani Soehartono dalam sidang paripurna penyampaian nota keuangan tentang rancangan laporan keterangan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2011 menyampaikan, jika uraian surplus anggaran sebesar Rp 34,384 miliar yang merupakan selisih lebih dari anggaran pendapatan daerah sebesar Rp 444,049 miliar dikurangi belanja sebesar Rp 409,664 miliar.

“Hasil surplus ditambah pembiayaan netto diperoleh silpa sebesar Rp49,118 miliar. Jumlah tersebut dianggarkan pada sisi penerimaan dalam struktur pembiayaan daerah sebagai silpa dalam penyusunan P APBD tahun 2012. Defisit anggaran tahun ini bisa ditopang dengan surplus APBD 2011 lalu,” ungkapnya, Senin (25/06/2012).

Masih kata Walikota, silpa memang ada di setiap tahun anggaran namun silpa juga sebagai indikator seberapa baik perencanaan dari pemkot dalam mengelola APBD. Ikhwal suplus tersebut terekam dalam laporan realiasi APBD yang sudah diaudit secara komprehensif dan final oleh BPK mulai dari target hingga realisasi.

Surplus anggaran yang muncul dari realisasi APBD 2011, lantaran penerapan anggaran berbasis kinerja yang benar-benar dijadikan pejakan setiap unit kerja. Seperti predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) APBD 2011-2012 yang menjadi pemacu untuk penganggaran dan implementasi anggaran daerah di tahun berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>