Polres Mojokerto Tetapkan Tiga Tersangka Korupsi Dana Pendidikan

Mojokerto  – Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polres Mojokerto menetapkan tiga tersangka dalam kasus dugaan korupsi dana block grant di Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto senilai Rp1 miliar. Meski kasus ini ditanggani Polres Mojokerto namun saat ini kasus ini digelar di Polda Jawa Timur.
Kapolres Mojokerto, AKBP Eko Puji Nugroho mengatakan, tiga tersangka tersebut masing-masing, Kepala Bidang Pendidikan Menengah Umum (Dikmenum) Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto, Kasiono serta dua stafnya, Erwin dan Anggar. ”Saat ini kasusnya digelar di Polda tapi tetap Polres yang menanggani,” ungkapnya, Selasa (05/06/2012) tadi sore.

Menurutnya, saat ini pihaknya masih menunggu keputusan dari Polda Jatim terkait kasus tersebut. Pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pihak Polda Jatim, pasalnya kasus korupsi merupakan atensi sehingga harus dimonitor dan dikendalikan oleh Polda Jatim.

”Setiap perkembangan kasus ini harus dilaporkan ke Polda Jatim, karena kasus ini termonitor POlda Jatim. Jika sudah dilakukan pemanggilan sebagai tersangka maka mereka sudah ditetapkan menjadi tersangka, pemanggilan tersebut dengan bukti kuat dari adanya laporan polisi,” jelasnya.

Ketiga tersangka terbukti melakukan tindak pidana korupsi dengan tidak menaati petunjuk teknis (juknis) terkait penggunaan bantuan anggaran untuk pembangunan fisik. Dalam aturannya tidak disebutkan penggunaan anggaran untuk jasa konsultan namun dalam kasus tersebut menggunakan jasa konsultan dengan menggunakan sebagian anggaran tersebut.

Penggunaan jasa konsultan tersebut atas perinta Kepala Dikmenum, DinaS Pendidikan Kabupaten Mojokerto. Yakni sebesar 5 persen dari anggaran yang turun ke masing-masing sekolah dengan dana terkumpul sebesar Rp57 juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>