Kerajinan Batok Kelapa Mojokerto Suplai UKM di Bekasi

Mojokerto¬†– Sulitnya mencari bahan baku batok kepala di pasaran tak membuat pengrajin batok kelapa Danile (28) warga Desa Bejijong Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto putus asa.¬†Terbukti, salah satu jenis kerajinannya yakni kancing batok kepala miliknya mampu menyuplai Usaha Mikro Kecil (UKM) di Bekasi, Jawa Barat.Kerajinan batok kepala mulai sejak tiga tahun lalu. Untuk mendapatkan bahan baku batok kepala, ia harus berebut dengan pengrajin lainnya. Karena selain digunakan sebagai bahan kerajinan, limbah batok kepala ini digunakan untuk dibuat arang dan obat nyamuk sehingga ia harus mencari ke pasar-pasar, ke pemecah kelapa. “Kerajinan batok kepala ini, harus dari kelapa yang sudah tua. Kalau kelapa yang masih muda, hasilnya jelek karena bahannya masih lentur sehingga untuk mendapatkan harus rebutan dengan pembuatan arang dan obat nyamuk. Kerajinan ini, saya buat hampir 150 jenis,” ungkapnya saat ditemui di acara Grebek Suro di Pendopo Agung Trowulan, Jum’at (16/11/2012).

Mulai dari gantungan kunci, miniatur alat transportasi dan lain sebagainya. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp10 ribu dapat tiga gantungan kunci hingga harga Rp200 ribu.
Menurutnya, semakin rumit kerajinan yang ia buat maka semakin mahalnya. Seluruh hasil kerajinan batok kelapa, ia karjakan sendiri.”Saya kerjakan sendiri semuanya, karena beberapa kali cari orang hasilnya tidak sesuai. Untuk prosesnya sendiri mulai, batok kepala dibersihkan dari serabut yang menempel, didesain sesuai keinginan, kemudian dipotong bisa menggunakan bor, gergaji atau bubut,” jelasnya.

Masih kata Danile, untuk proses penggosokan sendiri sebanyak tiga kali hingga benar-benar halus. Untuk proses finishing sendiri, lanjut Danile, ada dua jenis yakni dicat dan alami. Sifat batok kepala yang bisa menyerap zat asam akan membuat hasil kerajinan batok kepala berubah warna.

“Pemasarannya, masih di sekitar Mojokerto saja tapi untuk kancing batok kelapa saya suplay ke Bekasi untuk UKM disana tapi itu juga tidak tentu. Kalau ada pesanan baru membuat, ini saja stok saya kehabisan karena pemberitahuan ada pameran disini baru dua hari kemarin saya terima,” tegasnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>