Jelang Puasa, Makam Syech Jumadil Kubro Sepi Peziarah

Mojokerto  - Jelang puasa, makam Waliyyulloh Maulana Sayyid Djumadil Kubro di Kompleks Makam Troloyo di Desa Sentonorejo, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto sepi peziarah. Hanya beberapa rombongan maupun perorangan yang terlihat berziarah ke makam Syech Jumadil Kubro tersebut.
Hal ini berbanding saat malam Jum’at legi atau setiap malam tanggal 15 bulan Suro (Muharram), saat digelar Haul Syech Jumadil Kubro. Banyak peziarah datang dari berbagai kota untuk sekedar berziarah atau melakukan wisata reliji ke makam kakek dari Sunan Ampel ini.

Salah satu peziarah, Khoirul Roji’in (42) mengatakan, ia datang dengan istrinya dari Krian, Sidoarjo memang sengaja ziarah ke makam ulama dari Persia yang menyebarkan agama Islam di tanah Jawa tersebut. “Sengaja kesini karena disini juga ada saudara,” ungkapnya, Jum’at (20/07/2012) tadi siang.

Menurutnya, ia sering melakukan ziarah makam sesepuh Wali Songo tersebut. Bisa dipastikan hampir satu bulan sekali, bersama keluarganya ia berziarah dengan tujuan untuk mencari berkah terutama seperti saat ini menjelang bulan suci ramadhan.

“Hampir satu bulan sekali saya kesini, karena Syech Jumadil Kubro merupakan sesepuh para wali. Semoga saya sekeluarga bisa mendapatkan berkah dengan berziarah kesini,” harapnya.

Kepercayaan masyakat, jika melakukan ziarah ke Kompleks Makam Troloyo dipercaya dapat membantu mempermudah mencari ilmu. Di Kompleks Makam Troloyo terdapat du kelompok makam. Bagian depan terdapat petilasan Wali Songo dan kelompok makam Syech Jumadil Kubro.

Di kelompok makam ini yang banyak dikunjungi peziarah. Di bagian belakang terdiri dari dua cungkup yakni cungkup pertama makam Raden Ayu Anjasmoro dan makam Raden Kencono Wungu dan cungkup kedua dikenal dengan sebutan “kubur pitu”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>