wordpress

Mojokerto – Kepergok menjarah rebung di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Gunung Welirang, dua pria di Mojokerto diamankan petugas. Masing-masing, RF (31) dan SB (42). Keduanya merupakan warga Desa Tampungrejo, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto.
Kapolsek Puri, I Komang Wirta mengatakan, saat diringkus anggota Polsek Puri, keduanya saat melakukan pembalakan rebung di kawasan Tahura Gunung Welirang. “Keduanya juga siap akan menjual hasil jarahan tersebut,” ungkapnya, Rabu (18/01/2011) tadi siang.

Penangkapan kedua pelaku, masih kata Kapolsek, pihaknya dibantu pihak Polisi Hutan (Polhut) RPH Mojokerto. Saat melakukan patroli, petugas mendapati kedua pelaku sedang melakukan memotong rebung. Rebung-rebung yang diambil kedua pelaku, masih berumur beberapa minggu.

“Saat akan diamankan, keduanya sempat akan kabur namun karena kondisi hutan yang banyak jurang dan gelap sehingga memudahkan petugas untuk menangkap keduanya. Setelah ditangkap, kita mendatangi kedua rumah pelaku dan saat digeladah petugas menemukan rebung-rebung siap jual,” katanya.

Dari hasil pengrebakan tersebut, petugas mengamankan rebung sebesar satu ton lebih siap jual. Keduanya dan barang bukti langsung dibawa ke Mapolsek Puri untuk dimintai keterangannya. Dihadapan penyidik, rebung-rebung tersebut akan dijual ke Surabaya dan Sidoarjo dengan harga Rp2.500 perkilogramnya.

“Kita akan mengembangkan kasus pembalakan rebung di kawasan Tahura Gunung Welirang, karena banyaknya kasus terjadi. Jika terus dibiarkan, dikhawatirkan akibat pembalakan ini tebing Gunung Welirang akan mudah longsor,” tambah petugas Polhut RPH Mojokerto, Luluk Supriyanto. [tin/kun]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>