Enak Rek! Kue Serabi Ibu-ibu Prajuritkulon Mojokerto

Mojokerto  – Puluhan ibu-ibu di Lingkungan Kemasan, Kelurahan Blooto, Kecamatan Prajuritkulon, Kota Mojokerto berjajar di sepanjang jalan desa. Mereka mengikuti lomba membuat kue serabi yang saat ini sudah jarang ditemui. Untuk menarik juri, para peserta bebas berkreasi seperti menyajikan serabi pandan pisang, serabi ayam special, serabi kentang maupun serabi boneka.
Salah satu peserta, Widya mengatakan, kue serabu buatan kelompoknya dinamakan kue serabi boneka. “Karena kita mendapatkan inspirasi untuk berkreasi setelah melihat boneka sehingga model ini yang kita buat sekarang ini,” ungkapnya, Rabu (04/07/2012) tadi sore.

Untuk mengkreasikan hingga menyerupai boneka, Widya dan kelompoknya menghiasi kue serabi dengan berbagai macam buah. Seperti buah nangka untuk bibir dan daun telingga, kismis untuk mata dan strowbery untuk hidung.

“Untuk bahan kuenya sendiri seperti layaknya kue serabi yakni dari tepung beras, santan, kemiri, tepung terigu, garam secukupnya. Adonan dicetak diatas cetakan hingga matang dan dihias serta disajikan dengan santai kental dan gula jawa yang dicairkan,” katanya.

Menurutnya, kue serabi sangat dekat dengan masyarakat Kemasan karena setiap acara ruwat desa selalu ada kue serabi. Ia sendiri mengaku tidak tahu persis mulai kapan kue serabi edentik dengan warga Kemasan karena sifatnya turun temurun.

Ketua panitia lomba, Bambang Irianto menjelaskan, jika tujuan dari lomba tersebut tidak lain untuk mengangkat ekonomi rakyat Kemasan. “Ini juga sebagai rangkaian acara ruwat desa, karena kue serabi cukup dikenal turun temurun sehingga tahun ini digelar lomba membuat kue serabi,” ujarnya.

Dalam lomba kali ini, ada 13 kelompok yang terdiri dari lima orang anggota dari ibu-ibu untuk membuat kue serabi. Penilaian lomba meliputi, rasa, kretifitas dan penyajian. Dalam lomba ini, setiap kelompok bebas melakukan kreasi untuk mempercantikan penampilan kue serabi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>