Batu Relief Majapahit Ditemukan di Trowulan

Mojokerto  – Sebuah batu yang diduga peninggalan Kerajaan Majapahit kembali ditemukan warga Desa Nglinguk, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Batu ditemukan tepat pada tanggal 12-12-2012 ini di dua sisinya terdapat gambar menyerupai leak Bali yang saling berhubungan.batu relief mojopahitPenemuan batu ukuran tebal 30 cm, panjang 96 cm dan lebar 50 cm ditemukan pemilik rumah Sulimin saat menggali tanah di belakang rumahnya untuk dijadikan batu bata.

Lokasi penemuan di sisi timur lokasi penelitian empat universitas dalam Penelitian Arkeologi Terpadu Indonesia (PATI) beberapa bulan lalu. “Pukul 12.00 WIB pada Rabu tanggal 12, bulan 12, tahun 2012 kemarin saya temukan.

Saat saya menggali tanah untuk dibuat batu bata, cangkul saya mengenai batu bergambar seperti leak Bali ini. Kemudian saya bongkar dan saya taruh disini agar tidak rusak,” ungkapnya, Sabtu (15/12/2012) tadi pagi.

Menurut Ketua RT ini, batu berukuran tak kecil tersebut terdapat relief bergambar mirip leak Bali pada dua sisinya. Kedua sisi tersebut jika disatukan akan terlihat bentuk relief leak Bali. Penemuan tersebut sudah kesekian kalinya yang ada di belakang rumahnya.

“Penemuan pertama tahun 2003 lalu, memang disini jenisnya batu bukan batu bata seperti candi-candi yang ada di Trowulan. Batunya ada ukiran, di sekitar sini juga saya temukan 11 sumur. Berbentuk jobong dan sumur batu batu, saya saja sudah mendapatkan empat penghargaan dari BP3 karena sering menemukan batu berelief,” ujarnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>