Arti Persahabatan

Ada tiga hal yang paling berharga: kasih Sayang, keluarga, dan sahabat. Sahabat adalah seseorang yang selalu ada ketika kita ingin berbagi cerita serta memberi perhatian ketika kita membutuhkan. Ketika bersama sahabat tidak  ada rasa sedih, mereka akan selalu buat kita tersenyum. Bersama sahabat adalah kejadian yang tidak dapat terlupakan, karena bersamanya semua kejadian akan menjadi kenangan yang indah. Sahabat bukanlah yang bisa membuat semua masalahmu menghilang, tapi yang tidak akan menghilang saat kau memiliki masalah.

Sahabat adalah mereka yang tahu ketika kamu bersedih atau terluka, bahkan jika kamu menyembunyikan semua di balik sebuah senyuman. Sahabat slalu ada untukmu ketika kamu punya masalah. Bahkan terkadang memberi saran yang koyol hanya tuk lihat kamu tertawa.

Sahabat dan teman itu berbeda.Tidak semua orang dapat menjadi sahabat, seorang sahabat akan selalu ada untuk kita dan mempunyai ikatan emosi dan batin yang kuat pada diri kita, akan tetapi seorang teman adalah orang yang hanya kita kenal dan tidak ada ikatan batin dan emosi yang sama.

Hidup ini tak akan ada artinya jika kita tidak mempunyai seorang sahabat. sahabat adalah mereka yg selalu ada di sisimu bukan hanya pada saat kau berjaya, namun juga pada saat kau tak berdaya. Sahabat tak hanya bersama saat suka pun duka, tetapi sahabat harus mampu mengatasi setiap masalah bersama.

Dalam hidup, kamu tak hanya harus temukan mereka yg mampu menyenangkan hatimu, tapi juga mereka yang tak biarkan hatimu terluka. Meskipun terkadang berselisih pandangan tentang  suatu hal, itu semua adalah suatu proses yang harus kita jalani agar jalinan persahabatan itu akan semakin erat.

Dengan adanya berbagai masalah yang kita alami bersama sahabat. akan membuat kita semakin dewasa dan memberikan kita pelajaran agar  dapat memahami berbagai karakter manusia yang kita jumpai. Memahami karakter seseorang merupakan hal yang sulit jika kita tidak berusaha untuk berteman dengan seseorang dan mengenal dia secara dekat.
Ikatan emosi akan terbentuk jika kita telah mengenal semua yang berkaitan dengannya. Bersama sahabat tidak ada rasa takut untuk menjalani semua masalah yang ada. Tapi terkadang kita harus bersabar dan mencari cara yang baik ketika kita dihadapkan pada seorang sahabat yang memiliki karakter yang keras dan memiliki keegoisan yang besar.

Dengan begitu kita dapat dikatakan seorang yang benar-benar memiliki kesabaran dan empati yang tinggi, maka sayangilah seseorang sepenuhnya, termasuk kekurangannya, dan suatu saat kamu akan pantas mendapatkan yang terbaik darinya.

Ketika kita telah temukan banyak sahabat jangan pernah melupakan sahabat yang dulu selalu bersama kita, karena sahabat adalah teman kita untuk selama-lamanya. Mereka adalah suatu hal yang sangat berharga dan tidak ternilai harganya.

Di Zaman sekarang memang susah mencari seorang yang benar-benar bisa kita jadikan seorang sahabat yang dapat kita percaya, akan  tetapi yakinlah jika kita berbuat baik dan memberikan loyalitas yang tinggi pada seseorang maka orang tersebut juga akan memberikan hal yang sama.

Maka jagalah hubungan kita dengannya jangan sampai kita  kehilangan sahabat yang telah lama kita kenal dan akhirnya kita akan merasakan penyesalan yang dalam.

*Penulis: Mahasiswa Perbankan Syariah, Fakultas Syariah dan Hukum, UIN syarif Hidayatullah Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>