Arkeolog Gali Saluran Air Kerajaan Majapahit di Trowulan

Balai Penyelamatan Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur akhirnya ekskavasi (penggalian) situs baru yang ditemukan di Dusun Nglinguk, Desa Trowulan, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Tiga arkeolog dilibatkan dalam penggalian situs yang diduga saluran air jaman Majapahit tersebut.
arkeolog majapahitArkeolog, Nugroho HL mengatakan, ada tiga arkeolog yang dilibatkan dalam ekskavasi kali ini. “Temuan ini mempunyai nilai potensial sangat tinggi, temuan tidak bisa hanya mengandalkan BPCB saja karena tidak cukup tapi butuh stokholder lain untuk mengungkap temuan ini,” ungkapnya, Senin (01/06/2015).

Masih kata Nugroho, proses ekskavasi dilakukan tidak mengupas sampai selesai tapi sebatas mencari temuan baru di sekitar lokasi. Hasil temuan akan dilaporkan ke Pusat Arkeologi Nasional untuk dilakukan kajian akademis. Selain proses ekskavasi, temuan juga dipotret untuk melihat bentuk gambar dari temuan tersebut.

“Ekskavasi sebatas mengetahui yang dicari, apakah ada temuan baru kemudian dilapokan ke Pusat Arkeolog Nasional. Untuk lokasi ekskavasi di sekitar lokasi temuan yang diduga saluran air jaman Kerajaan Majapahit tersebut serta melihat lahan sekitar. Untuk lokasi ekskavasi di sisi barat yakni arah belokan juga melihat cerita masyarakat,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>