27 Warga Wates Suspect Chikungunya

Mojokerto – Warga Kota Mojokerto khususnya Kecamatan Wates saat ini perlu mewaspadai penyakit chikungunya. Pasalnya, data Puskesmas Wates menyebutkan, dalam satu bulan terakhir tercatat sebanyak 27 warga Kelurahan Wates, Kecamatan Magersari Kota Mojokerto suspect chikungunya.
warga mojokerto chikungunyaKepala Puskesmas Wates, drg Citra Mayangsari mengatakan, begitu ditemukan suspect chikungunya, pihaknya langsung melakukan fogging. “Yang penting masyarakat menggalakkan PSN (pemberantasan sarang nyamuk, red) pasti akan bebas dari chikungunya,” ungkapnya, Sabtu (15/11/2014).

Sejumlah warga menurutnya dinyatakan suspect chikungunya karena memiliki dua keluhan, yakni linu-linu yang disertai demam. Namun warga yang dinyatakan suspect chikungunya tidak sampai mengalami lumpuh layu. Menurutnya, penyakit chikungunya bersifat kawasan atau populasi.

“Sehingga begitu ditemukan ada satu warga yang suspect chikungunya, petugas langsung mendatangi tempat tinggalnya untuk melakukan pemeriksaan. Awalnya, sempat ditengarai ada 40 rumah yang terkena chikungunya. Namun setelah dilakukan pemeriksaan secara detail, hanya ditemukan ada 27 warga yang suspect chikungunya,” katanya.

drg Citra menambahkan, jika memang ada warga yang merasakan keluhan seperti linu-linu dan demam, sebaiknya langsung periksa agar bisa segera ditangani. Pasalnya, penyakit yang ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti tersebut jika dibiarkan akan menyebabkan kelumpuhan sementara yang mengganggu produktifitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>